About

Senin, 24 Januari 2011

Menjaga Reputasi di Jagat Maya





image  












Alviss Kong dan pacarnya

TRAGIS! karena putus cinta, seorang pria muda memilih bunuh diri.
Tepatnya pada tanggal 8 Desember 2010 lalu, Alviss Kong, nama pria muda berkebangsaan Malaysia itu, memutuskan mengakhiri hidup dengan cara sangat tragis. Alviss nekat melompat dari jendela apartemennya di lantai 14. Sebelum akhirnya menemui ajal, Alviss bahkan sempat mengupdate status di Facebook, 45 menit sebelum dirinya terjun bebas menjemput maut.
Ini hanyalah salah satu contoh dari sekian banyak kasus yang terjadi dan melibatkan peran situs mikroblogging seperti Facebook dan Twitter. Kentara sekali, ketika reputasi seseorang bisa terbaca banyak orang bahkan menjadi santapan publik selayaknya aib yang ditebarkan banyak pesohor negeri demi menaikkan popularitas.

Namun, Alviss bukanlah selebriti yang ingin terkenal, dia hanya pria yang tak tahu bagaimana mengatasi rasa sakitnya karena putus cinta, dan mengakhiri hidup adalah jalan terbaik baginya. Dalam status terakhir yang diupdate Alviss, ia sempat menitip pesan terakhir kepada kedua orang tua dan adiknya.

Ya, menjaga reputasi memang tak hanya di dunia nyata semata. Di dunia maya pun hal itu diberlakukan juga. Salah posting sedikit, reputasi jadi taruhannya. Apalagi bagi wanita, menggosip di Facebook atau Twitter sudah dianggap biasa. Mereka seakan tak takut jika pembicaraan di "dinding" Facebook bisa berpotensi merugikan. Hal ini bisa memunculkan ketidaksukaan beberapa orang, yang lantas iseng "mengobrak-abrik" rumah Facebooknya, hanya agar si pemilik akun tersebut jera dan malu, mengekspos kehidupan pribadinya di ranah publik.

Lalu, bagaimana bijaknya  menjaga citra diri dan reputasi saat bermain-main di jagat maya? Berikut ini tipsnya,

1. Menjaga privasi
Aturlah akun Facebook, Twitter atau MySpace Anda ke tampilan Private, ini untuk mencegah banyaknya orang lain yang bisa mengakses lebih dalam informasi pribadi Anda. Mengatur tampilan foto dan video pribadi agar tak bisa dilihat sembarang orang juga sangat penting. Hal ini mencegah tangan-tangan jahil yang memanfaatkan foto-foto dan video pribadi itu untuk sesuatu yang tidak benar. Cek juga privacy setting dari Facebook, mengingat Facebook seringkali menambahkan layanan baru.

2. Hindari curhat terbuka
Ngobrol atau berbincang dari hati ke hati di ruang publik sebaiknya tidak dilakukan di Facebook. Ini seperti diibaratkan curhat terbuka di tengah keramaian, dimana ada banyak telinga yang mendengar dan itu bisa berbahaya bagi reputasi Anda.

3. Jangan oversharing
Mengungkapkan pendapat dan uneg-uneg boleh-boleh saja, namun usahakan menghindari hal-hal sensitif seperti pembicaraan bertema politik dan agama, apalgi di ruang terbuka seperti jejaring sosial. Selain berakibat merugikan, kesalahpahaman yang terjadi bisa mencoreng reputasi Anda.

4. Hati-hati dengan lingkungan "Online" Anda
Artinya, berhati-hatilah saat bergaul di komunitas Anda di jagat maya. Meski akun Facebook Anda sudah diseting private, namun tetaplah waspada jika ada beberapa teman yang berbicara buruk mengenai Anda. Segera block akun orang bersangkutan yang telah merugikan Anda dan jangan ragu "menendangnya" dari daftar pertemanan di Facebook.

5. Berhenti mengeluh
Keluhan Anda tentang pekerjaan, sekolah, keluarga atau teman-teman janganlah diumbar di ruang publik. Anda tak hanya dicap tukang mengeluh, tetapi reputasi Anda juga akan jatuh dimata orang lain.
(maya/CN19) 

sumber:http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/wanita/2011/01/24/1054/Menjaga-Reputasi-di-Jagat-Maya

0 comments:

Posting Komentar

 

Copyright © KASURUSAK Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger