About

Sabtu, 29 Januari 2011

Jalur Undangan Untungkan Siswa Miskin Berprestasi

SEMARANG-Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ternyata diakui dapat memberikan kesempatan kepada siswa miskin yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Untuk menyebarkan informasi tersebut, Universitas Negeri Semarang (Unnes) melakukan sosialisasi kepada para kepala sekolah SMA sederajat di Jawa Tengah, Kamis (27/1).


Kasek SMA 14 Semarang Wagino Sunarto mengatakan, adanya jalur undangan ini pihaknya menyambut positif dan mengapresiasi. Sebab, diakui di sekolahnya mayoritas adalah anak nelayan dan buruh yang setelah lulus SMA banyak memilih tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. ‘’Kira-kira hanya 10% yang memutuskan kuliah. Hal itu karena sisanya berasal dari kalangan tidak mampu, sehingga memilih tidak kuliah,’’ ungkapnya, di sela-sela sosialisasi SNMPTN Jalur Undangan kepada kepala sekolah SMA di Kampus Unnes Sekaran, Kamis (27/1).


Jadi, lanjut dia, jika benar ada jalur undangan dan pemberian beasiswa bidik misi ini akan memberikan kesempatan sekaligus bagi para siswa yang kurang mampu tapi berprestasi, untuk dapat belajar di universitas negeri. Selanjutnya, pihaknya akan meneruskan informasi ini dengan berkoordinasi dengan wakasek dan guru BK untuk mengumpulkan data 25% siswa di kelas yang berprestasi, untuk kemudian memanggil siswa dan orang tuanya.

Harus Jujur

Unnes yang tahun ini memanfaatkan jalur undangan dalam SNMPTN juga akan mengintegrasikan beasiswa bidik misi dalam menjaring mahasiswa baru. Hal senada disambut antusias oleh sekolah lainnya.


Wakasek Kurikulum MA Darut Taqwa Tembalang Semarang Nurul Azizah mengaku jalur ini disosialisasi sejak awal, karena pihaknya dapat mempersiapkan dari sekarang untuk mengumpulkan data siswa.


Sementara Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi menjelaskan, sekolah diharapkan mendaftarkan 25% siswa berprestasi di dalam kelas melalui jalur undangan ini. Namun, sekolah juga harus jujur dalam mendata siswa, tidak boleh menambah nilai atau memalsukan data lainnya. Mengenai porsi beasiswa bidik misi yang akan diberikan, yaitu 80% melalui jalur undangan, 10% dari jalur SNMPTN tes tertulis, dan 10% dari jalur mandiri. (K3-75) 

0 comments:

Posting Komentar

 

Copyright © KASURUSAK Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger